Setelah tulisan wisata kereta beberapa waktu yang lalu, yang merupakan rangkuman kereta-kereta yang pernah kunaiki, sekarang tulisan ini adalah lanjutannya, karena diriku baru pulang liburan dan pengalaman naik keretanya nambah lagi... hahaha... *penting saudara-saudara*... Untuk rangkuman perjalanannya secara khusus akan dibahas nanti, kalau saia sudah tidak capek lagi, kerjaan agak sedikit longgar dan sudah ada waktunya...

Jadi darimanakah saia??? jawabannya adalah..... Jepannggg!!!! Negara super mengesankan yang sekarang menjadi top of mind kalau ditanya negara mana yang mau dikunjungi lagi... Rincian detailnya nanti saja, karena tulisan yang sekarang mau bahas khusus kereta. Trusss... karena ke Jepang lewat Malaysia, maka tercicip jugalah naik kereta jenis lain yang baru kali ini kunaiki di sana. Emmm sebenarnya sih aku juga ke Brunei.. hehe... tapi tidak naik kereta, jadi tidak ada yang bisa diceritakan mengenai pengalaman naik kereta di sana...

1. KLIA Express
Setelah malang melintang bolak balik seperti setrikaan ke Malaysia, baru kali ini aku kecicip naik KLIA express. Kereta khusus untuk ke bandara KLIA dan KLIA 2. Kenapa baru kali ini, karena baru kali ini juga aku sendirian ke sana, selama ini selalu ada teman, jadi kadang naik bis, kadang juga taksi. Karena sendirian itu juga nggak mau repot, jadi terpikirlah mau nyoba KLIA express, cepat dan bagus keretanya.



2. MRT Kuala Lumpur
Kalau yang ini angkutan massal baru di Kuala Lumpur. Dulu tahun 2015 ke sana, masih dibangun, jadi sekarang pengen coba. Secara umum kurang lebih sama seperti MRT di Singapura. Tapi kalau dibandingkan dengan monorelnya, MRT ini lebih sepi, oh ya kalau beli tiket sekali jalan, MRT dan monorel sudah sama, yaitu sama-sama menggunakan token berwarna biru.



3. Aerotrain KLIA
Berhubung terminal di KLIA gedungnya berbeda dengan gate ke pesawat, maka untuk pindah itu, para penumpang harus naik aerotrain, kebanyakan berdiri dan jaraknya tidak jauh. Kurang lebih samalah seperti di Hong Kong.



4.Keisei Line
Kalau ini kereta khusus dari Bandara Narita ke Ueno, tidak ter cover JR pass. Cepat dan nyaman juga keretanya. Kecicip naik ini karena kami 8 hari di Jepang, sementara JR pass kami hanya untuk 7 hari.



5. JR Line Tokyo
Kereta JR beroperasi di atas, yang memiliki pemandangan di jendela bagaimana unik dan kerennya kota Tokyo, berbeda dengan metro subway Jepang yang berada di bawah tanah. Rutenya melingkar dan mencapai kebanyakan tempat-tempat wisata yang ingin dicapai oleh turis.



6. Shinkansen
Kereta super antar kota yang akhirnya Alhamdulillah kucoba, sebelumnya nggak pernah bermimpi bakal naik ini. Sangat cepat dan bagus, suasananya seperti di pesawat.Dua pemandangan yang tidak kusangka kulihat dari Shinkansen dari perjalanan Tokyo ke Kyoto adalah Gunung Fuji dan satu daerah yang tertutup salju sepenuhnya.



7. JR Line Kyoto
Kalau yang ini juga kereta JR yang dicover JR pass, tapi di Kyoto, tepatnya saat kami akan ke Arashiyama.



8.Keihan Line
Menuju ke Gion, kami naik metro Keihan Line. tidak tercover JR pass, keretanya kurang lebih sama seperti JR. Tiket sekali jalannya berbentuk kertas kecil.



9. Ginza Line
Ini adalah salah satu jalur metro subway di Tokyo. Kami menuju ke Asakusa dengan kereta ini, di bawah tanah dan lebih kelihatan baru. Satu yang kunaiki rancangan interior keretanya unik dan keren, seperti berbahan kayu, tapi sebenarnya bukan.



10. Narita Express
Narita Express dicover oleh JR pass. Kereta cepat khusus ke bandara. Di kereta sudah ada jadwal pesawat untuk hari itu. Keretanya lebih bagus sewajarnya kereta yang menuju ke bandara.

 


0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...