Hari ketiga di Seoul masih akan explore tempat-tempat wisata paling umum dan sudah pernah saya datangi. Kalau hari pertama nambah rumah Lee Min Ho, hari kedua nambah Petite France nah hari ini belum tau mau nambah tempat apa yang belum. Yang jelas mulai besok baru mencoba ke tempat baru yang belum pernah saya datangi dan beresiko tersesat. Selama beberapa hari ini semuanya lancar karena saya sudah kunjungi sebelumnya. Jadwal hari ini mengunjungi Gyeongbokgung Palace, Bukchong Hanok Village, Insadong dan Itaewon. Kalau sempat mau ke DDP malamnya, karena kabarnya kalau malam gedung DDP lampunya bagus. Beda dengan Dila dan Ezar, Desi ini tidak tertarik saeguk, jadi mengunjungi palacenya cuma Gyeongbokgung dan gak perlu sewa hanbok. Saat 4 tahun lalu, kami juga dengan itinerary yang sama, malah sempat ke Gwanghwamun Square dan Cheonggyecheon Stream. Tapi sekarang sudah beda, karena udah semakin jompo ya, jadi tidak bisa banyak-banyak tempat sekali jalan. Desi sih sampai saat ini menurut saja, karena saya sudah bilang: ok saya yang menyusun semuanya tapi saat di jalan ikuti saja jangan banyak protes. Desi sampai hari ketiga masih percaya sama saya, ya mau bagaimana lagi, dia baca sign di stasiun antara nomor pintu exit sama nomor jenis line kereta saja gak bisa bedain... 😆. Tahu nomor exit stasiun ini penting, karena kalau salah, jalannya bakal lumayan jauh karena stasiun subway itu luas.

Menuju Gyeongbokgung Palace menggunakan line 3. Karena Chungmuro berada pada dua line yaitu 3 dan 4 maka kami tidak perlu ganti kereta. Dari Aplikasi Kakao Metro hanya 4 stasiun, dan menurut Naver Map, pintu exit terdekat adalah exit 5. Di stasiun Chungmuro menuju line 3, kami melewati foto-foto 16 bintang Korea yang ternyata masih sama seperti 4 tahun lalu. Ke luar dari stasiun Gyeongbokgung kami sudah berada pada area istananya. Karena kami tidak menggunakan hanbok, maka kami harus membayar 3.000 KRW. Turis-turis lain masih pada semangat menyewa hanbok, ada yang jadi Mama, Jeonha dan Seja. Ada yang menarik saat kunjungan kami ke sana kali ini. Danau di dalam istana sudah beku sehingga kalau difoto sangat cantik ditambah dengan latar Mount Seorak.

Foto para artis Korea di Stasiun Chungmuro

Di Gyeongbokgung Palace

Foto yang sangat saya suka

Dinding Istana

Salju yang masih tertinggal di Gyeongbokgung Palace

Satu tempat yang masih membuat saya penasaran karena foto di spot paling diinginkan semua orang di Bukchong Hanok Village belum saya dapatkan. Saat saya ke sana, ramai luar biasa dan tidak ada kesempatan foto sendirian, ditambah ada mobil pick up parkir membuat foto jadi tidak maksimal. Menuju Bukchong Hanok Village kami tetap menggunakan line 3 dan turun 1 stasiun di Anguk exit 2. Saat sampai di sana syukurlah dapat juga foto yang lumayan, bisa sendirian tanpa banyak orang lalu lalang. Saking serunya foto di sana mumpung bisa, saya sampai ditegur Ayi ayi yang juga ingin foto tapi terganggu karena suara saya yang sedang mengambil foto Desi dan selalu menyebut "Satu Dua Tiga" berulang-ulang. "Could you please give us thirty second!" katanya, karena mereka mau ambil video wefie. Setelah saya diam sebentar dan mereka selesai, hanya salah satu yang mengucapkan terima kasih, sisanya langsung pergi... Berusaha maklum ya, walau nggak enak juga kena tegur begitu. Sesama turis memang harus saling toleransi, namun kalau saya... berusaha mencari kesempatan sendiri saat orang lain sudah selesai. Biasanya banyak juga kok yang maklum kalau ada yang lagi foto, menahan diri untuk jangan lewat dulu misalnya. Coba kalau mereka ramah, saya mau kok ngajari cara ngambil video atau foto yang bagus (sok bisa)... atau malah saya yang ngambil gambar mereka juga mau kalau diminta tolong. Desi itu ahlinya ngambil foto dan sudah nular juga ilmunya ke saya. Orang yang minta tolong fotoin ke kami pasti puas dengan hasilnya. Teman saya di kantor malah ada yang senang sekali kalau saya yang fotoin saat acara liburan kantor karena katanya bagus... 😂

Di Bukchong Hanok Village juga saya tunjukkan ke Desi rumah Lee Min Ho (lagi) yang ada di drama Personal Taste. Selesai dari sana, kami lanjut ke Insadong untuk mulai nyari oleh-oleh... (biasa orang Indonesia).. ke Insadong. Tinggal jalan saja dan nanti menyeberang jalan. Kalau dari stasiun Anguk keluarnya di Exit 6. Ada yang berubah saat kami lewat jalan Anguk, lokasi drama Goblin saat Eun Tak ketemu Kim Shin pertama kali saat hujan-hujanan, dindingnya sudah tinggal setengah. Di belakangnya seperti ada satu area lapangan yang cukup luas entah menjadi tempat apa. Kami cuma numpang foto di depannya sebelum menyeberang jalan ke Insadong.

Spot paling utama di Bukchong Hanok Village

Di seberang Insadong

Pamer strawberry yang dibeli di jalan

Strawberry mahal Korea

Dari Insadong lanjut Itaewon. Desi pengen ke sana, katanya mumpung di Korea masa tidak ke Itaewon. Itaewon adalah surga makanan bagi kami tentu saja, karena banyak makanan halalnya. Naik subway pindah ke line 6 warna coklat ganti stasiun di Yaksu lanjut 3 stasiun dan keluar lewat pintu exit 3. Kami menuju Masjid untuk sholat dijamak seperti biasa dan kemudian makan malam di Eid. Ya ini tidak salah tulis, kami makan malam... makan siangnya mana... saking serunya hari ini,  tidak ketemu tempat makan jadi makan siang dirapel dengan makan malam. Di depan Masjid ada street food halal, jadi kami membeli odeng dan bungkus beli kimbab serta tteokbokki untuk sarapan. Di Eid saya makan dakgalbi dan Desi membeli samgyetang. Puas-puasin makan makanan khas Korea versi halal di sana. Side dish juga ada, seperti di Busan Jib, salah satunya tentu saja kimchi. Saya pengen makan dakgalbi gara-gara nonton vlog Kimbab Family saat Waseda Boys datang dimasakin Dakgalbi, jadi pengen tahu rasanya.

Makan malam kami di Itaewon

Pulangnya tentu saja sudah capek, tapi saya mengusulkan satu tempat lagi mumpung malam, karena kabarnya kalau malam gedung DDP sangat bagus. Jadi kami membawa barang belanjaan sekalian makanan demi melihat gedung DDP. Naik subway turun di stasiun Dongdaemun History & Culture Park. Dari Itaewon dipilih saja salah satu alternatif karena stasiun menuju DDP ini adalah interchange antara line 2 hijau, 4 biru dan 5 ungu. Dari Itaeweon kami lanjut menggunakan line biru, tapi pintu terdekat ke DDP sebenarnya adalah line hijau. Jadi kami turun dari line biru lanjut ke line hijau bukan ganti kereta tapi numpang ke luar melalui pintu exit 1 di line hijau. Walau capek dan rempong bawa bawaan banyak, tapi kami tidak menyesal ke DDP, karena ternyata bukan hanya lampu gedungnya yang kami dapatkan, tapi kebetulan ada pertunjukkan video mapping terjadwal selama akhir tahun. Kami masih di sana saat jam 19.30 dimulai pertunjukan video mapping yang ditembak ke gedung DDP lengkap dengan musiknya selama 5 menit. Super kerennnn pokoknya....

Tampilan dari Naver Map

Video mapping yang super keren di DDP

Besoknya jadwal kami mulai ke tempat yang tidak akan dijadwalkan kalau ikut tur. Kami akan berkunjung ke lokasi-lokasi drama yang memang saya targetkan harus berhasil dikunjungi kali ini. Sarapan kami sudah sangat banyak perolehan dari Itaewon, saya juga sebelumnya sudah sempat beli mie cup dari toko halal di dekat Kampungku, jadi mau dimakan... kan tidak lucu kalau dibawa pulang karena tidak dimakan. Ayam goreng yang disimpan di kulkas juga masih ada... kesimpulannya sarapan kami super besar sebagai bekal sebelum kami jalan lagi selanjutnya...

Sarapan super banyak

Langkah kaki hari ketiga di Koera pasti banyak walau tidak sebanyak saat perjalanan umroh tahun lalu, apalagi saat pelaksanaan umrohnya. Rekor langkah kaki saya saat umroh pertama sebanyak 22.679 (termasuk tawaf, sa'i dan tawaf sunah) dan umroh kedua 33.633 karena  juga sekalian habis mendaki Jabal Rahmah. Liburan tahun ini Aplikasi Fit menunjukkan jumlah langkah kaki saya yang lumayan selama jalan di Korea, berikut catatannya:

Hari pertama (Namsangol Hanok Village dan Namsan Tower) : 11.345 langkah
Hari kedua (Petite France dan Nami Island) : 11.370 langkah
Hari ketiga (Gyeongbokgung Palace, Bukchong Hanok Village, Itaewon dan DDP) : 15.217 langkah

Lanjut part 5

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...